Test Corona Ketika Mempunyai Status Suspect Corona

Tahapan dalam test corona mempunyai tahapan yang cukup panjang. Dimana dimulai dari status yang Anda miliki terlebih dahulu dan berbagai tanda yang dirasakan sehingga akan dapat bisa untuk melakukan tes corona. Seperti yang Anda ketahui, bahwa Anda tidak bisa melakukan tes apabila dalam keadaan yang sehat dan baik-baik saja. Karena mempunyai alat yang terbatas, maka tes juga akan diprioritaskan bagi beberapa kelompok golongan saja. Sehingga bagi Anda yang masih dalam keadaan sehat bisa untuk mempunyai fokus pada pencegahan virus corona yaitu dapat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terkena virus corona. Adapun untuk beberapa orang yang dapat menerima tes tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Tes pertama adalah bisa dilakukan dan diprioritaskan bagi Anda yang mempunyai status sebagai ODP, PDP, dan juga keluarga.
2. Tes juga akan diprioritaskan untuk mereka yang mempunyai tanda-tanda virus corona seperti mengalami demam, batuk kering, kelelahan, sesak nafas, hingga sakit tenggorokan.
3. Tes ini juga berlaku untuk tenaga medis yang bekerja di rumah sakit sehingga mempunyai potensi untuk terkena virus corona yang lebih besar. Selain itu juga dilakukan pada profesi yang berhadapan dengan orang banyak seperti TNI atau Polisi.

Bagi Anda yang bisa melakukan tes tersebut akan beberapa tahapan yang bisa dilakukan hingga nantinya masuk ke status suspect corona. Dimana untuk pemeriksaan pertama adalah bisa untuk datang ke pusat layanan kesehatan terdekat. Karena untuk mendapatkan status sebagai ODP, PDP, ataupun yang mempunyai gejala menunjukkan virus corona maka harus mendapatkan keterangan dari dokter atau petugas medis di pusat layanan kesehatan. Sehingga setelah mendapatkan rekomendasi tersebut bisa untuk langsung ke rumah sakit rujukan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda akan diperiksa dalam beberapa tes yang bisa menunjukkan adanya potensi untuk mengidap corona. Terakhir adalah melakukan pembayaran terutama yang menunjukkan hasil negatif karena bisa untuk pulang. Sedangkan bagi yang mempunyai hasil positif maka naiknya akan menjadi suspect corona. Dimana untuk langkah selanjutnya yang harus dilalui adalah sebagai berikut ini:

1. Ruang isolasi
Setelah menjadi suspect corona maka akan mendapatkan perawatan khusus yaitu ditempatkan di ruang isolasi. Hal tersebut untuk menjaga pasien lainnya dapat tertular virus. Karena banyaknya pasien yang juga berada dalam status ini maka hal tersebut membuat Anda harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan ruang isolasi. Sehingga bisa untuk memilih rumah sakit yang masih mempunyai ruang isolasi yang tersedia agar mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

2. Tes
Tahapan selanjutnya juga akan melakukan tes kembali yang dilakukan yaitu dengan tes virus corona atau tes swab. Tes swab ini merupakan tes yang mengambil jaringan sel di hidung dan juga tenggorokan pada penderita. Sehingga nantinya akan mengirimkan sampel tersebut pada laboratorium yang sudah ditunjuk pemerintah untuk melakukan pemeriksaan. Untuk hasilnya nanti akan bisa diketahui dalam waktu 3 hingga 4 hari.

3. Tahap pembayaran
Setelah mengetahui hasil dari test corona yang telah diketahui yaitu tes swab, maka tindakan yang diambil adalah berdasarkan hasil tersebut. Sehingga ketika kondisi Anda kurang baik maka akan mendapatkan perawatan yang intensif dan tentu saja hal tersebut akan membutuhkan lebih banyak biaya. Pasien yang membutuhkan perawatan intensif tersebut biasanya pasien yang mempunyai komplikasi penyakit lainnya dan juga sudah lanjut usia. Sehingga bisa untuk membayar sesuai dengan kebutuhan.

Test Corona Ketika Mempunyai Status Suspect Corona | Zaen Ahmad | 5