Agar Tidak Mudah Rusak, Yuk Simak Tips Cara Mencuci Jersey Futsal

Miliki jersey bola dari tim jagoan, bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para penggemar bola sepak. Dibutuhkan sebuah pengorbanan untuk bisa mendapatkannya, pastikan bila si jersey kesayangan tetap awet digunakan. Ketika bikin jersey futsal, umumnya para penjahit akan memberikan keterangan khusus untuk merawat pakaian tersebut termasuk cara mencucinya. Agar tidak salah langkah, berikut cara mencuci jersey yang tepat.

Cara Mencuci Dengan Menggunakan Tangan
Sebagian orang mungkin merasa takut ketika ingin mencuci jerseynya dengan menggunakan mesin cuci, sehingga mereka mencari cara aman dengan menggunakan tangan. Bisa menjadi opsi alternatif, cara manual ini dianggap paling mudah untuk mencuci pakaian tersebut. Sebelum mencucinya, silahkan siapkan air pada bak pencuci. Larutkan deterjen ke dalam air tersebut, sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan di bagian kemasan deterjen.

Apabila deterjen telah larut sempurna, silahkan rendam jersey setidaknya 1 hingga 2 jam. Usai melakukan perendaman, kini saatnya untuk menguceknya secara perlahan hingga semua noda menghilang. Dirasa sudah bersih, silahkan bilas hingga tidak ada lagi busa yang tertinggal. Untuk menghilangkan sisa airnya, pastikan untuk tidak memerasnya terlalu keras. Silahkan remas remas perlahan, dan gantungkan di jemuran menggunakan hanger.

Selama proses pengeringan, pastikan si jersey tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini perlu dilakukan, agar warna sablonnya tidak cepat memudar. Terutama ketika proses bikin jersey futsalnya menggunakan sablon yang memerlukan perawatan lebih, pastikan menghindari sinar matahari untuk menjaga ketahanan warna sablonnya.

Cara Mencuci Dengan Menggunakan Mesin Cuci
Sebelum mencucinya menggunakan mesin cuci, cobalah untuk melihat label perawatan yang tertera di jersey. Apabila dalam panduan tersebut dikatakan jersey boleh dicuci menggunakan mesin, barulah untuk mencucinya menggunakan mesin cuci agar ketahanannya dapat terjaga. Setidaknya ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, ketika mencuci si jersey kesayangan.

Untuk langkah pertama, silahkan memisahkan jersey bola satu dengan pakaian ataupun jersey bola yang lain. Letakkan di tempat yang berbeda, agar tidak ada pakaian lain yang ikut terbawa ketika mencucinya. Terutama untuk pakaian bahan demin, pastikan mereka tidak tercampur agar warna tidak luntur dan menghilangkan keindahan jersey kesayangan. Sehingga kamu tidak akan sia sia bikin jersey futsal, hanya karena rusak akibat salah dalam proses pencucian.

Tersedia dalam beberapa siklus putaran, pastikan untuk menggunakan siklus pemutaran dengan suhu rendah. Sebab beberapa mesin cuci, memang dihadirkan dengan berbagai pilihan metode pencucian yang bisa disesuaikan dengan pakaian yang dicuci. Untuk mempertahankan warnanya tetap seperti baru, jangan lupa untuk menambahkannya dengan deterjen sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Tunggulah hingga proses pencucian selesai, dan keluarkan perlahan dari mesin cuci. Lalu jemur pakaian tersebut menggunakan gantungan, dan letakkan di tempat yang teduh. Selain memastikan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, jersey sebaiknya tidak dikeringkan menggunakan mesin pengering. Hal ini sangat perlu diperhatikan, sebab ditakutkan akan merusak bahan beserta sablonannya.

Bagaimana bila masih ada noda membandel yang menempel pada pakaian ? Ketika mengetahui hal tesebut, segera basahi kain katun bersih serta tuangkan sedikit deterjen cair. Usap perlahan di bagian noda membandel, dan diamkan hingga semalam penuh. Setelah itu, cuci kembali menggunakan metode sebelumnya untuk mendapatkan hasil maksimal. Sehingga kamu tidak perlu bikin jersey futsal lagi, ketika melihat ada noda yang mengurangi kecantikannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar si jersey kesayangan tetap awet, yaitu mencucinya dengan cara yang benar. Pastikan untuk menggunakan deterjen yang lembut dan aman, agar warnanya tetap cemerlang bak pakaian baru. Untuk mengetahui cara mencuci yang tepat, kamu bisa melihat label yang berisikan informasi mengenai metode pencuciannya. Dengan mengikuti instruksi tersebut, jersey pun bersih dan awet dikenakan.
Agar Tidak Mudah Rusak, Yuk Simak Tips Cara Mencuci Jersey Futsal | Zaen Ahmad | 5