Perbedaan Blog dan Website Yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Blog dan Website - Pengguna blog dan website saat ini terus saja bertambah, mungkin anda adalah satu satu pengguna dari 2 platform tersebut. Banyak orang mengartikan blog ataupun website itu sama saja dan yang berbeda hanya pengejaannya saja. Tapi sebenarnya anggapan itu salah karena kedua hal tersebut jelas berbeda, meskipun sama-sama media untuk sharing.


Seiring bertambahnya zaman tentu Internet juga semakin maju. Kebutuhan masyarakat berupa informasi tentu menjadi bertambahnya jumlah blogger ataupun pengembang website. Kalau anda tertarik untuk mendalami salah satu dari kedua platform itu tentu ada baiknya untuk mengetahui perbedaan keduanya. Maka kali ini akan kami tulis apa saja perbedaan dari blog dan website.

Berikut ini Perbedaan antara web dan blog:

1. Blog adalah gratisan, sedangkan website harus bayar
Perbedaan yang sangat mencolok adalah website harus mengeluarkan biaya sewa baik itu perbulan bahkan pertahun. Sedangkan blog platform-nya gratisan tentu penggunanya lebih banyak. Tapi tentu ada banyak kelebihan website donk karena harus rela bayar, sedangkan kelebihan blog hanya satu yaitu gratis. Apalagi blog gratisan biasanya ada embel embel di belakang nama blognya misalnya blogspot.com, wordpress.com dan lainnya.

Jika sobat tertarik untuk membuat website langkah yang pertama tentu harus menggunakan Hosting Indonesia terlebih dahulu. Carilah hosting yang mengiming imingi domain gratis ketika kita membeli hosting. Jadi tentu biaya yang kita keluarkan jauh lebih sedikit. Biasanya yang sering mengadakan promo murah dan bagus di Indonesia salah satunya adalah Niagahoster.

2. Website terlihat lebih profesional
Ini hal yang penting menurut saya. Apalagi jika anda punya perusahaan, produk, merk dagang ata apapun yang berbau bisnis online. Tentu punya website akan jauh lebih unggul dan nilai lebih di mata para klien ataupun konsumen. Karena website akan jadi lebih profesional ketimbang blog biasa. Kalau di ibaratkan website itu adalah kelas atas sedangkan blog kelas menengah kebawah.

3. Blog tidak perlu skill banyak, sedangkan website butuh keahlian khusus
Dalam mengelola blog tentu tidak perlu banyak skill yang di perlukan, cukup tahu bagaimana cara posting artikel bahkan titik beratnya hanya memerlukan tahu apa saja fungsi kode HTML. Sedangkan website sendiri mungkin butuh bahasa pemograman yang lebih bagus dan hebat lagi. Baik itu belajar data cms,  manajemen basis data ataupun DBMS. Website yang menggunakan server tentu membutuhkan bahasa pemrograman yang lebih ketimbang blogger. Tapi Asalkan mau belajar pasti kalian bisa belajar coding atau apapun yang berbau website. Karena sekarang semua informasi bisa kita dapatkan di google.

4. Beda Template
Jangan Beranggapan kalau template pada blog ini bisa di pakai juga pada website ataupun sebaliknya. Karena template yang mereka gunakan beda file biasanya blog menggunakan file bentuk xml sedangkan website harus menggunakan file bentuk zip tanpa perlu extract.

5. Gaya bahasa, blog lebih santai sedangkan website lebih formal
Sebenarnya ini lebih kepada si penulis blog saja sih, tapi kebanyakan blog pembawaan si penulis terlihat lebih santai. Sedangkan website penulisan artikelnya biasanya lebih formal. Karena tujuan di bikin blog ataupun website sendiri biasanya berbeda.

Kalau blog di tujukan untuk info pribadi sedangkan website di tujukan kepada umum. Meskipun hal tersebut bisa saja tidak lumrah dan kembali lagi ke si penulis dan pengelolanya ingin di bikin seperti apa. Jadi anda seorang blogger atau pengembang website ?.
Perbedaan Blog dan Website Yang Wajib Anda Ketahui | Zaen Ahmad | 5