10 Tips dan Trik Menerapkan Desain Apartemen Minimalis

Sebagai hunian vertikal, apartemen memang memiliki kekurangan pada ruang gerak yang lebih terbatas bila dibandingkan dengan rumah tapak. Karena itu, kekurangan ruang gerak ini biasa ditutupi dengan adanya fasilitas gratis yang diberikan manajemen gedung kepada penghuninya seperti kolam renang, taman bermain anak, dan fitness center.

Untuk menyiasati agar ruangan tidak terasa sumpek dan sempit, desain apartemen minimalis sering dipilih untuk diterapkan. Berikut artikel tips dan trik khas Jendela360 yang disajikan untuk membuat desain apartemen minimalis agar ruang apartemen Anda nampak lebih lega.

1. Warna terang
Menggunakan warna terang merupakan cara paling mudah untuk menimbulkan kesan minimalis dan lebih luas dalam ruangan. Putih menjadi warna favorit, disusul dengan warna krem dan abu-abu. Warna merah mungkin akan memberikan kesan terlalu agresif, namun jika diaplikasikan dengan tepat akan membuat ruangan nampak lebih luas dan plafon lebih tinggi.

Ada juga yang memilih tidak ambil pusing dengan langsung menerapkan gaya monokromatik sebagai tema warna di unit apartemennya. Selain itu, ada satu rahasia lain terkait warna, gunakan warna gelap untuk langit-langit agar menimbulkan kesan plafon yang tinggi. Cukup langit-langit saja yang berwarna gelap sementara sisi lain tetap menggunakan warna terang.

2. Pemasangan cermin
Cara ini juga banyak digunakan untuk desain apartemen minimalis. Penggunaan cermin besar yang dipasang di salah satu sisi dinding akan menciptakan ilusi bahwa ruangan lebih besar daripada ukuran sesungguhnya. Jika keuanganmu terbatas untuk memasang cermin yang menutup habis satu sisi dinding, maka bisa disiasati dengan menggunakan cermin biasa namun juga mempertimbangkan desain cermin dan posisi pemasangan.

3. Furnitur multifungsi
Karena luas ruangan yang terbatas, ada baiknya menyiasati dengan memilih furnitur multifungsi untuk menghemat tempat. Contohnya adalah sofabed yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai sehari-hari dan dijadikan tempat tidur saat ada tamu datang menginap atau meja makan lipat yang tertanam ke dinding dan bisa dilipat saat sedang tidak digunakan.

4. Ranjang
Kamar tidur merupakan area privat dalam apartemen dengan ranjang sebagai pusatnya. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan ranjang dalam desain apartemen minimalis. Pilihlah ukuran ranjang yang sesuai dengan jumlah penggunanya. Jika hanya digunakan sendiri, tentu tak perlu memilih ranjang ukuran queen size atau king size. Ada beberapa model ranjang yang akan membantu penggunanya dalam menciptakan kesan minimalis. Yang pertama adalah ranjang dengan laci penyimpanan di bawahnya.

Dengan menggunakan ranjang ini, tentu bisa membantu menghemat ruang penyimpanan sehingga tak perlu memasang rak lagi. Yang kedua adalah ranjang yang bisa dilipat. Saat sedang tidak digunakan untuk tidur, maka ranjang tinggal dilipat dan ruangan yang lebih luas bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan lain. Youtuber Kevin Hendrawan juga menggunakan ranjang tipe ini untuk apartemennya yang terletak di Green Pramuka City.

5. Bentuk dan ukuran furnitur
Ukuran furnitur juga berperan penting dalam menciptakan kesan luas. Jika memilih furnitur dengan ukuran yang terlalu besar, maka akan menimbulkan kesan bahwa ruangan sempit. Usahakan juga untuk memilih furnitur yang memiliki bentuk melengkung untuk memberikan kesan dinamis. Contohnya seperti memilih meja bulat dibandingkan dengan meja berbentuk persegi. Tentu saja lokasi meletakkan furnitur juga harus dipertimbangkan baik-baik. Jangan meletakkannya di area yang akan mempersempit ruang gerak.

6. Penataan vertikal
Jika ingin memasang rak buku atau tempat penyimpanan lainnya di apartemen, maka pilihlah rakl yang memanjang secara vertikal ke langit-langit. Rak yang tinggi secara vertikal akan menimbulkan kesan langsing dibandingkan dengan rak yang melebar ke samping. Atau bisa juga dengan menggunakan rak gantung. Bagian bawah rak gantung bisa dimanfaatkan untuk meletakkan meja kecil atau furnitur lain.

7. Pembatas ruangan
Bagi yang tinggal di apartemen tipe studio, maka harus memikirkan bagaimana caranya untuk memisahkan area tempat tidur sebagai ruangan privat dengan area untuk menerima kunjungan tamu. Salah satu cara mudahnya adalah dengan memanfaatkan rak buku. Pilih rak buku yang tinggi ke atas seperti deskripsi di nomor sebelumnya untuk memisahkan area privat dengan area tamu. Dengan begitu, privasi tetap terjaga dan koleksi buku juga tertata rapi dalam rak. Jika ruanganmu tidak mencukupi untuk meletakkan rak buku, maka tirai juga bisa digunakan sebagai pembatas ruangan.

8. Kesan melayang
Ada trik yang cukup mudah dilakukan untuk membuat desain apartemen minimalis yang terkesan luas, yaitu penggunaan furnitur yang memberikan kesan melayang. Caranya adalah dengan memilih furnitur dengan kaki penyangga yang tipis atau TV yang dipasang menempel pada dinding daripada menggunakan rak TV. Kaki-kaki penyangga yang tipis akan memberikan kesan seolah furnitur tengah melayang.

9. Ornamen hiasan
Untuk menerapkan desain apartemen minimalis, sebaiknya jangan memasang terlalu banyak ornamen hiasan seperti foto, pajangan, ataupun hiasan lainnya. Terlalu banyak hiasan di dalam ruangan akan membuat kesan yang ramai bahkan menyesakkan. Cukup dengan memasang satu atau dua hiasan saja yang akan menjadi pusat perhatian begitu ada tamu yang datang berkunjung ke apartemen.

10. Ukuran karpet
Meskipun penggunaan karpet kurang disarankan dalam penerapan desain apartemen minimalis, namun ada juga yang mengatakan bahwa pemilihan karpet yang tepat akan membantu dalam memberikan kesan minimalis. Jika ingin menggunakan karpet di apartemen, maka hati-hati dalam memilih ukurannya. Lebih baik langsung pilih karpet berukuran besar dibandingkan dengan memilih karpet ukuran kecil. Karpet berukuran besar akan menutup lantai dan memberikan kesan hangat dibandingkan karpet ukuran kecil.

10 Tips dan Trik Menerapkan Desain Apartemen Minimalis | Zaen Ahmad | 5