Inilah Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman Digunakan

Jika Anda adalah seorang ibu yang memiliki bayi atau balita yang sedang mengalami pertumbuhan yang aktif pastinya Anda akan mengalami sedikit kesulitan dalam menghadapinya. Apalagi saat sang bayi meminta sebuah mainan. Pastikan mainan yang Anda beli aman digunakan. Karena saat ini banyak mainan yang nyatanya berbahaya digunakan oleh bayi. Nah berikut ini adalah tips memilih mainan bayi yang aman.
1. Sesuaikan dengan Usia sang Bayi
Sebisa mungkin jangan membeli mainan yang tampak lucu atau menggemaskan saat Anda melihatnya. Belilah mainan sesuai dengan umur sang bayi, lihatlah batasan umur yang tertera pada kemasan. Biasanya mainan yang dijual tertera batasan umur untuk si kecil mulai dari 6 bulan atau bahkan 1 tahun ke atas.

Jika pada kemasan tidak tertera batasan umur yang boleh digunakan Anda bisa bertanya kepada karyawan toko mainan tersebut. Apakah mainan yang akan Anda beli aman untuk bayi Anda atau tidak. Selain itu Anda bisa bertukar informasi dengan beberapa orang tua lain mengenai mainan yang aman di mainkan oleh si kecil.

Hindarilah mainan yang berukuran kecil untuk balita. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar mainan tidak mudah dimasukan ke dalam mulut sang bayi dan tertelan. Karena balita biasanya sering memakan semua benda yang sedang dipegangnya. Serta sebaiknya jangan pernah memberikan balon kepada bayi karena bahan dasar balon berbahaya untuk bayi.

2. Belilah Mainan yang Memiliki Kualitas
Sebaiknya jika Anda ibu yang sangat memperhatikan keselamatan dari sang bayi belilah mainan yang memiliki kualitas. Tidak semua mainan yang berkualitas itu mahal loh. Kualitas dari mainan itu sendiri bisa dilihat dari bahan yang digunakan tidak memiliki pewarna yang bisa mengelupas.
Selain itu pastikan sisi mainan yang Anda beli tidak memiliki sisi yang tajam yang bisa membahayakan sang bayi. Perhatikanlah sisi mainan yang tidak mudah ditekan oleh jari sang bayi yang kecil sehingga jari bayi tidak terluka.

3. Pilihlah Mainan dengan Bahan Dasar yang Aman
Pilihlah mainan untuk sang buah hati yang terbuat dari bahan dasar yang aman. Terutama yang mudah dicuci tak tidak mengandung racun bagi sang bayi. hindari pembelian mainan yang terbuat dari bahan dasar kimia seperti timah, kadmium, merkuri, arsenik, dan lainnya yang mungkin terdapat pada mainan si bayi.

4. Menghindari Mainan yang Mengandung Tali
Janganlah Anda membeli mainan yang memiliki tali, benang atau pita pada mainan sang bayi. Terlebih lagi mainan yang memiliki panjang tali mencapai 30 cm. hal ini bisa saja menyebabkan bayi Anda akan bermain tali dan bisa terlilit di leher, sehingga menyebabkan leher sang anak tercekik.

Nah itulah beberapa tips membeli mainan yang Aman untuk sang bayi. Anda juga bisa memanfaatkan ramadhan sale di orami.co.id dan memilih mainan yang kiranya Aman untuk sang bayi.
Inilah Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman Digunakan | Zaen Ahmad | 5